DIGITAL DISCUSSION UX Writing: How to Communicate your Product

DIGITAL DISCUSSION UX Writing: How to Communicate your Product - Ketinggalan sharing seputar UX Writing bareng @electricbitj? Simak wrap up-nya dalam post hari ini yuk, Smart People! 😉 Selamat juga untuk penanya terbaik sesi ini @alfanadhya. Nantikan terus acara seru @cfds_ugm berikutnya ya! #digitalsociety #CfDSwrapup #wrapup #uxwriting #uxdesign #ux

sumber @cfds_ugm didownload dengan instaview.me

Pematik: Rizqie Aulia (UX Writer Halodoc)

Rizqie Aulia : UX (User Experience) itu kan intinya adalah pengalaman kalian secara total yah dalam memakai suatu produk digital (bisa web, bisa aplikasi, dsb). Jadi kalau ditanya UX yang asik dan nyaman itu gimana, itu nggak jauh dari definisi Desain sih. Desain kan intinya problem solving ya, jadi UX yang nyaman ya yang bisa menyelesaikan masalah kamu. Contohnya aplikasi jualan tiket konser. Masalah yang mau diselesaikan kan orang kesulitan beli tiket harus dateng ke agen, dsb. Nah, selama aplikasi ini membantu menyelesaikan masalah tersebut, sebenernya sudah bisa dibilang UX nya Oke.

Wah, relasinya sih kuat banget antara pekerjaan ini dengan industri teknologi dan bisnis. UX Writing itu elemen penting dalam desain, sama pentingnya dengan User Interface. Bayangkan aplikasi hape yang kalian punya itu sebuah toko. Nah, design itu adalah waitress yang membantu pembeli buat beli kebutuhan mereka di toko tersebut. Karena ini produk digital dan penggunanya bisa sampai jutaan, gak mungkin dong kita assist mereka satu-satu, kan? Di sini peran pentingnya desain. Kalau di dunia nyata, misal kita dateng ke toko kan bisa nanya ke penjaganya, "Mas, gula pasir sebelah mana, ya?". Nah, kalo produk digital, peran ini digantikan oleh desain. Desain lah yang akan membantu pembeli untuk mendapatkan barang yang mereka butuhkan. Kalau pembeli sulit menemukan barang yang mereka cari, ya berarti desainnya gagal dan User Experience nya kacau.
Adakah tips membuat semacam design system untuk UX writing untuk menjaga konsistensi?

Aku biasanya menyebutnya dengan Language Style Guideline. Sebagai penjelasan, Language Style Guideline itu adalah guideline yang isinya memandu writer untuk menulis. Isinya beragam, mulai dari Tone & Voice (kira-kira copy-nya akan kedengeran seperti apa? Formal? Informal? Orang tua? Anak muda? Dst), kesepakatan pakai British or American English, dan banyak hal lainnya. Intinya, guideline ini memastikan siapapun yang menulis; maka akan terdengar seperti ditulis oleh orang yang sama.
Nah tips untuk membuatnya gimana? Wah itu panjang banget prosesnya, tapi secara singkat intinya kalian harus kenalan sama produk kalian dulu. Ini segmentasinya siapa? Mau menyelesaikan masalah apa? Jualan utama kalian apa? Baru dari situ diformulasikan kira-kira cara ngomong yang sesuai bagaimana.

*copas url untuk mengunjunginya

BACA NOVEL GRATIS

Ingin baca novel gratis? Yuk ikuti Jam Baca Nasional di Cabaca. Unduh Aplikasinya sekarang di playstore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.git.cabacaapp
#cabaca #cabacaapp #novelgratis

Ora susah misuh misuh lur, santuy aja
EmoticonEmoticon