Zoom Fatigue dan Cara Mengatasinya

Zoom Fatigue dan Cara Mengatasinya - Mulai dari meeting, sekolah, sampai silaturahmi keluarga sekarang banyak dilakukan lewat aplikasi video conference. Nggak heran hal ini membuat kita sering merasa lelah, Smart People. Fenomena lelah ini disebut Zoom Fatigue lho. Simak lebih jauh soal Zoom Fatigue dalam post hari ini. 😉 #digitalsociety #zoom #zoomfatigue

Pandemi Covid-19 membuat orang-orang di seluruh dunia hidup di dunia virtual. Bekerja, rapat, kuliah, sekolah, hingga mengadakan acara dengan aplikasi video conference. Intensitas tinggi penggunaan video conference membuat banyak orang mengalami zoom fatigue.

sumber @cfds_ugm didownload dengan instaview.me

Apa itu Zoom Fatigue 

Perasaan lelah, gelisah, atau cemas yang dirasakan oleh pengguna video conference dengan intensitas tinggi. Hal ini bukan hanya dialami pengguna Zoom, tapi juga pengguna aplikasi video conference lain seperti Google Meet, Skype, dan aplikasi lain.

Zoom fatigue sendiri bukanlah gangguan psikologis, tetapi apabila berlangsung berkepanjangan dapat mengganggu produktivitas dan kesehatan mental.

Kenapa video conference lebih melelahkan? 

Ketika melakukan video conference, kita harus bekerja lebih keras untuk mengolah komunikasi noverbal yang terlihat, seperti ekspresi wajah, nada suara, dan bahasa tubuh lain. Padahal komunikasi manusia sangat bergantung pada isyarat nonverbal ini untuk menilai lawan bicara. Karena komunikasi nonverbal jadi terbatas di dunia virtual, otak dipaksa bekerja ekstra untuk memahami lawan bicara sehingga menimbulkan kelelahan ekstra. Lalu, apakah ada penyebab lain?

Alasan lain yang menyebabkan Zoom Fatigue 

  • Maraknya kesalahan teknis yang terjadi sehingga video conference tidak berjalan kondusif. 
  • Bekerja dari rumah membuat batas persona/ space dan work space kabur sehingga membebani pikiran. 
  • Video conference memaksa kita terus menatap wajah sendiri dan berakhir menyebabkan stress.

Bagaimana cara mengatasi zoom Fatigue? 

Meski melelahkan, kondisi tetap memaksa kita untuk menggunakan video conference sebagai alternatif. Oleh sebab itu, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan supaya aktivitas video conference tidak membuat lelah. Yuk Simak Beberapa Hal yang Bisa Smart People Lakukan

Lakukan dengan Efisien 

Aktivitas video conference sebaiknya dilakukan dengan efisien. Peserta rapat online sebaiknya telah mempersiapkan segala hal sebelum rapat dimulai. Selain itu. Kita juga bisa membatasi jumlah rapat online dan memanfaatkan teknologi lain seperti pesan, email, dan panggilan telepon. 

Nonaktifkan Kamera 

Menyalakan kamera bisa menjadi Opsional dalam rapat online yang berlangsung. Peserta sebaiknva bisa memilih untuk terus menyalakan kamera atau mematikannya di Saat tertentu untuk mengurangi kelelahan yang mungkin terjadi.

Selingi dengan Aktivitas Lain 

Lakukan aktivitas kecil seperti peregangan, minum, makan cemilan. atau sedikit olahraga ketika rapat. Tentunya lakukan aktivitas ini dengan tetap memperhatikan etika rapat online agar tidak mengganggu peserta lain ya. 

Buat Ruang Kerja 

Membedakan ruang kerja dan ruang personal ketika video conference bisa mengurangi kelelahan yang akan timbul. Dengan ruangan yang bebeda, kita tidak akan merasa cemas privasi kita terusik. Bentuknya juga tidak pertu satu ruang khusus. Coba manfaatkan satu sudut di rumah yang hanya boleh digunakan untuk bekerja bisa meningkatkan produktifitas bekerja dari rumah. 

Sudah pernah mengalami Zoom Fatigue betum, Smart People? Apa yang kalian lakukan untuk mengatasinya?

 Sumber: The Conversation. Kompas. TED, National Geographic, BBC

*copas url untuk mengunjunginya
Sumber : https://www.instagram.com/p/CDVs9IwsAkc/

BACA NOVEL GRATIS

Ingin baca novel gratis? Yuk ikuti Jam Baca Nasional di Cabaca. Unduh Aplikasinya sekarang di playstore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.git.cabacaapp
#cabaca #cabacaapp #novelgratis

Ora susah misuh misuh lur, santuy aja
EmoticonEmoticon