Perbedaan Beasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah

Perbedaan Beasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah

AnakUGM -  Selamat pagi para pemburu beasiswa kali ini ada informasi menarik seputar beasiswa bidikmisi yang akan berevolusi menjadi KIP kuliah tahun ini. Sebagai orang yang saat ini sedang duduk dibangku SMA dan ingin berkuliah dengan beasiswa nantinya terutama dengan KIP kuliah wajib untuk membaca informasi ini, atau para mahasiswa yang sudah berpengalaman yang nantinya ada dedek-dedek gemes yang ingin bertanya seputar perubahan bidikmisi ke KIP kuliah kalian juga bisa menjawabnya dengan lihai sehingga obrolan hangat dengan dedek-dedek gemes tetap terjaga. 

Perbedaan Beasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah

Apa Itu KIP Kuliah?

Bisa diyakini diantara kalian hingga saat ini pasti ada yang masih saja bingung dengan KIP Kuliah kan? Baiklah akan sedikit dibahasa apa itu KIP Kuliah.

KIP Kuliah merupakan suatu program pemberian dana pendidikan dari pemerintah kepada masyarakat yang kurang mampu, dimana masyarakat tersebut mempunyai KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) atau masuk kedalam peserta PKH (Program Keluarga Harapan) atau seorang yatim piatu, penyandang disabilitas, maupun korban bencana alam/musibah. 

KIP Kuliah ini pemerintah buat sebagai penyempurna program beasiswa Bidikmisi yang targetnya adalah para masyarakat yang berprestasi namun kurang mampu untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Perbedaan Beasiswa Beasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah

Ada beberapa perbedaan yang berhasil tim kami dapatkan informasinya dari kedua program beasiswa ini diantaranya seperti dalam hal Pembiayaan, Sasaran, Kuota Penerima dan Jumlah Uang yang diterima.

Pembiayaan 

Dalam hal pembiayaan, KIP Kuliah ada sedikit perbedaan dengan Beasiswa Bidikmisi. Dimana Beasiswa Bidikmisi lebih menanggung pada pemberian biaya UKT dan biaya hidup mahasiswa. Sedangkan KIP Kuliah berdasarkan pada usul dari Kemenristekdikti, lebih menanggung pada pemberian biaya UKT dan uang buku. 

Selain hal diatas, ada kewajiban juga untuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) memberi porsi 20% (dua puluh persen) beasiswa ini pada mahasiswa yang kurang mampu. Sedangkan untuk PTS (Perguruan Tinggi Swasta) tidak memiliki kewajiban seperti ini.

Sasaran

Bagi mereka yang sudah mempunyai KIP semenjak sekolah maka sudah memenuhi persyaratan untuk memperoleh KIP Kuliah. Namun bagi kalian yang belum mempunyai KIP pada masa sekolah jangan risau dan khawatir sebab kalian dapat juga mendaftar KIP kuliah ini. 

Sedangkan terkait sasaran KIP Kuliah ini memberi prioritas kepada para mahasiswa yang berkuliah pada bidang vokasi dan science. Namun untuk bidang-bidang lain seperti bidang sosial akan diproses setelahnya. So jangan sampai berkecil hati bagi kalian yang memilih untuk berkuliah pada bidang sosial karena masih ada kesempatan juga untuk kalian bisa memperoleh KIP Kuliah juga.

Kuota Penerima 

Sejak mulai diadakan pada tahun 2010, para mahasiswa miskin yang akan menerima program beasiswa Bidikmisi ditargetkan bisa mencapai hingga 600.000 mahasiswa. Nah kabar baiknya untuk KIP Kuliah akan ditargetkan hingga 5 tahun ke depan bisa mencapai 2 juta mahasiswa penerima KIP Kuliah. Bisa dibayangkan KIP Kuliah ini kuota targetnya bisa menyentuh 3x lipat lebih banyak dari target kuota penerima Bidikmisi.

Jumlah uang yang diterima 

Dan yang terakhir adalah besarnya jumlah uang yang nantinya akan diterima oleh para pemegang kartu KIP Kuliah yakni senilai Rp 6,6 juta/mahasiswa. Jumlah ini diantaranya meliputi biaya hidup sebesar Rp 4,2 juta + biaya pendidikan sebesar Rp 2,4 juta per mahasiswa. Dan untuk pencarian akan dilakukan selama satu semester sekali.

*copy paste di url tab untuk mengunjungi link

Ora susah misuh misuh lur, santuy aja
EmoticonEmoticon