Cara Menampilkan Iklan hanya dihalaman Posting

Cara Menampilkan Iklan hanya dihalaman Posting

AnakUGM.com - Ini merupakan serangkaian cara buat blogger dengan tujuan untuk mempercepat loading situs, jadi para blogger indonesia wajib mengetahuinya terutama yang menjadikan iklan sebagai penghasilan utamanya.

Berdasarkan pengalaman, dengan adanya iklan menjadikan website atau blog kita menjadi lemot karena secara kode mereka memanggil kode .js pada server iklan, meski sudah dibuat async tapi tetap saja mempengaruhi kecepatan situs secara signifikan.

kecepatan blog web situs sebelum iklan
Hasil kecepatan blog sebelum adanya iklan di ukur
dengan PageSpeed Insights Google
kecepatan blog web situs setelah iklan menjadi lemot lama
Hasil kecepatan blog setelah adanya iklan di ukur
dengan PageSpeed Insights Google

Terlihat bukan perubahasan kecepatan loading situs blog yang sangat signifikan terutama pada versi mobile dari angka 82 menjadi 31 pada baru menambahkan satu kode iklan saja.

Nah untuk mencegah hal itu maka kami memutuskan untuk menyembunyikan iklan dari halaman home page, halaman hasil pencarian blog dan pada static page seperti laman disclaimer, privacy policy, ToS dan laman static lainnya.

Fyi, menampilkan iklan di halaman hasil pencarian dan laman static page seperti about, contact dan lainnya dapat menyebabkan situs yang memiliki akun adsense dibanned. Jadi sambil menyelam minum air, loading situs makin cepat dan akun adsense jadi aman banned.

Baiklah untuk langkah-langkah cara menyembunyikan iklan dihalaman home, laman static dan halaman hasil pencarian atau cara menampilkan iklan hanya dihalaman posting saja versi blogger adalah berikut ini.

1. Login blogger, iya dong masa ngga login dulu wkwk

2. Cari ID widget yang digunakan untuk memasang iklan adsense,
Masuk kebagian Tata Letak > Edit HTML/JavaScript yang berisi kode iklan adsense, kode ID biasanya ada dibagian akhir URL

cara mencari id widget
nama diblok warna biru

3. Jika sudah mendapatkan ID Widget yang berisi kode iklan adsense maka langsung melakukan edit pada tema, pilih Tema > Edit HTML lalu pilih tab "lompat ke widget" dan pilih ID widget yang tadi sudah diketahui berisi kode iklan adsense didalamnya.

edit tema lompat ke widget
edit bagian lompat ke widget

4. Cari kode <b:includable id='main'> dibawah <b:widget id='HTML1'........ Setelah itu letakan kode ini dibawahnya.
<b:if cond='data:blog.searchQuery'><b:else/>
5. Cari kode </b:includable> ini disedikit bagian bawahnya dan letakan kode ini diatasnya.
</b:if>

lebih mudahnya anda bisa mereplace langsung kode seperti dibawah ini

Klik simpan tema

Itulah dia cara menyembunyikan iklan di halaman hasil pencarian, laman static dan home page dan hanya menampilkan pada halaman posting saja. Terima kasih dan semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silakan ditanyakan.

Oya cara diatas aman karena kita tidak melakukan modifikasi pada iklan melainkan membuat kondisi pada blog dimana iklan hanya ditampilkan pada halaman posting saja.

kodisi sembunyikan iklan di halaman home
<b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'>...</b:if>
kodisi sembunyikan iklan di laman statis
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>...</b:if>
kodisi sembunyikan iklan di hasil halaman pencarian
<b:if cond='data:blog.searchQuery'><b:else/>...</b:if>

Ora susah misuh misuh lur, santuy aja
EmoticonEmoticon